Kevin Selasa, 23 Februari 2021 | 79

“Guest House” Kebun Raya Sipirok Tapsel diresmikan

Guest House atau pesanggrahan Kebun Raya Sipirok, Tapanuli Selatan (KRTS) diresmikan pemakaiannya, Senin (15/2) oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M.Pasaribu. “Tempat ini nantinya diperuntukkan bagi tamu-tamu yang datang. KRTS selain lokasi wisata nantinya, juga pusat edukasi tanaman endemik lokal, dan pusat penelitian,” kata Syahrul. Prasarana “Guest House” juga merupakan syarat demi terwujudnya sebuah Kebun Raya yang refresentatif yang pembinaannya langsung di bawah LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). “Karenanya, kita (Pemkab Tapsel) mengucapkan terimakasih kepada PT.Bank Sumut melalui program CSR telah membangun “Guest House” KRTS ini dengan delapan unit tambah satu aula dengan berbagai fasilitas pendukung yang cukup baik,” ucap Syahrul.

Syahrul juga menyinggung bahwa Pemkab Tapsel juga pemegang saham terbesar PT Bank Sumut setelah Provinsi Sumut. Dimana, sepuluh tahun (sejak 2011-2021) Tapsel telah menerima nilai dividen dan CSR sebesar Rp529 milyar lebih. Kadis PUPR Tapsel Chairul Rizal Lubis dalam laporannya, menjelaskan “Guest House” prasarana KRTS berdiri di atas lahan seluas dua hektare berupa satu unit aula dan delapan unit gedung pesanggrahan (sopo) dikerjakan dua tahap, tambah lapangan parkir yang mampu menampung 20 kendaraan roda empat. “Sopo yang sudah diresmikan tahap satu diberi nama masing-masing jenis tanaman endemik khas Tapsel seperti Balairung Salacca, Sanggigir, Hopong, Bukbak, dan Hapundung. Tahap dua diberi naa Sopo Andomang, Ambasang, Jontikan, dan Gala-gala,” sebutnya.

Sementara Direktur PT Bank Sumut, M Budi Utomo, mengatakan ada 3 pilar yang menjadi perhatian program CSR Bank Sumut yakni bidang ekonomi, pendidikan, serta lingkungan hidup. Seperti yang terdapat di Komplek Perkantoran Bupati Tapsel, Sipirok.“Karenanya saya salut cara pola pikir Pak Bupati yang begitu cerdas dan visioner dalam merencanakan sebuah pembangunan. Seperti megahnya Kantor Bupati Tapsel yang terintegrasi ini bahkan menjadi destinasi wisata,” ungkapnya.

Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang dalam sambutannya dihadapan yang hadir seperti Kapolres Tapsel AKBP Roman Smarhadana Elhaj, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, Kajari Tapsel Ardian, SH, Wakil PImpinan DPRD Sumut Harun Mustofa, Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Keluarga besar PT Bank Sumut, dan para pejabat Pemkab Tapsel berharap sarana prasarana yang telah di bangun dimasa Bupati Syahrul M.Pasaribu dapat dirawat dengan baik lagi kedepan.