Sekilas Mengenai Kredit Usaha Sumut Sejahtera (KUSS)

KUSS adalah fasilitas kredit yang digunakan untuk membiayai keperluan modal kerja lancar yang memiliki siklus pendek, baik usaha dagang maupun manufaktur, misalnya untuk pembelian bahan baku, pembelian barang dagangan dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan usaha. Dana yang dipergunakan dalam modal kerja relatif pendek masa pengembaliannya.


Jangka waktu Mulai dari 1 sd 60 bulan

>Rp 100 juta sd Rp 500 juta

Persyaratan Umum:

  1. Memiliki usaha produktif yang telah berjalan minimal selama 1 (satu) tahun.
  2. Usaha produktif tersebut berada pada wilayah kerja Bank.
  3. Kolektibilitas kredit produktif dan/atau konsumtif dalam kondisi lancar serta tidak termasuk dalam daftar hitam dan daftar kredit macet pada saat pengajuan kredit.
  4. Memiliki atau membuka rekening tabungan di Bank.

Persyaratan Khusus :

Perorangan:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Usia minimal 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Wajib memiliki e-KTP.
  4. Usia maksimal 70 (tujuh puluh) tahun saat akhir periode kredit (kredit lunas).
  5. Memiliki tempat usaha milik sendiri atau sewa/ kontrak dan sejenisnya (minimal 6 bulan berjalan sebelum pengajuan permohonan kredit dan jangka waktu sewa tidak melebihi jatuh tempo kredit) serta harus dibuktikan dengan perjanjian sewa atau kuitansi pembayaran.
  6. Memiliki rumah tempat tinggal sendiri dan/atau dapat tinggal bersama dengan orang tua kandung/mertua yang dibuktikan dengan fotocopi dokumen bukti kepemilikan rumah tempat tinggal.
  7. Memiliki nomor telepon aktif yang dapat dihubungi dan menyertakan nomor telepon anggota keluarga lain yang tidak serumah (orang tua/mertua/saudara/ipar kandung).
  8. Memiliki dan menyerahkan dokumen persyaratan yang terdiri dari:
  9. Fotokopi identitas diri dan pasangan (e-KTP),
  10. Fotokopi Kartu Keluarga (KK),
  11. Fotokopi buku nikah/akta nikah/surat keterangan menikah yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang bagi calon debitur yang sudah berkeluarga,
  12. Surat Pernyataan Belum Menikah dari calon debitur yang berstatus belum menikah (format terlampir)
  13. Fotokopi akte cerai atau surat kematian suami/isteri dari instansi berwenang bagi calon debitur yang berstatus janda/duda,
  14. Fotokopi dokumen perizinan usaha dari pemerintah antara lain: Surat Keterangan Usaha (SKU) dari Kelurahan/Kepala Desa/Camat/Dinas terkait atau Nomor Induk Berusaha (NIB) yang masih berlaku dan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan,
  15. Untuk calon debitur berstatus professional (dokter, bidan, akuntan, notaris dan konsultan) wajib melengkapi fotokopi izin usaha/praktek profesi,
  16. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP),
  17. Pasfoto berwarna terbaru calon debitur dan pasangan ukuran 4x6 cm atau 3x4 cm,
  18. Fotokopi surat kepemilikan agunan
  19. Rincian penggunaan kredit modal kerja

Apabila agunan milik pihak ketiga melengkapi dokumen: fotokopi e-KTP pemilik agunan dan pasangan, fotokopi KK, fotokopi buku nikah/akta nikah (apabila sudah berkeluarga).

Ingin Tahu Lebih Lanjut Tentang Kredit Usaha Sumut Sejahtera (KUSS)?

Hubungi Kami
  • Hidden