Kebijakan & Prosedur Pengaduan Konsumen PT Bank Sumut

 

Kebijakan dan Prosedur pengaduan Konsumen PT Bank Sumut dapat dilakukan melalui beberapa tahap dengan memenuhi syarat mulai dari Kebijakan Bank, mekanisme/pelayanan pengaduan dan informasi penyelesaian pengaduan.

 

 

untuk lebih detail mengenai mekanisme pelayanan pengaduan nasabah dapat diunduh di:

 

 

Data Pengaduan Nasabah :

 

 

Punya Pertanyaan, Saran Atau Keluhan?

INFOKAN KEPADA KAMI

Pastikan Anda tetap terhubung ke BANK SUMUT. Apabila ada hal lain yang ingin Anda sampaikan,
berupa pertanyaan, saran atau keluhan agar Bank Sumut menjadi lebih baik kedepannya.

Apa Yang Anda Butuhkan?

Isi formulir dibawah dan kami akan menghubungi Anda
  • Date Format: MM slash DD slash YYYY

FAQ

KPR Sejahtera Tapak adalah kredit yang diberikan oleh Bank dengan dukungan FLPP kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dalam rangka pemilihan Rumah Sejahtera Tapak yang dibeli dari pelaku pembangunan.

KPR Sejahtera Tapak FLPP dapat dinikmati oleh masyarakat yang berpenghasilan tetap maupun tidak tetap namun mempunyai keterbatasan daya beli sehingga perlu mendapat dukungan pemerintah untuk memperoleh rumah serta belum pernah menerima subsidi perumahan.

Persyaran calon debitur KPR Sejahtera Tapak FLPP adalah:

  1. WNI
  2. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  3. Berstatus sebagai PNS, TNI/POLRI, Pegawai tetap/honor/outsourcing dari Lembaga/Instansi/BUMN/BUMD/ Perusahaan Swasta atau wiraswasta
  4. Bagi yang berstatus sebagai pegawai memiliki penghasilan tetap paling banyak Rp. 4.000.000,- (Empat juta rupiah) perbulan
  5. Bagi yang berstatus wiraswasta/berpenghasilan tidak tetap mempunyai penghasilan usaha rata-rata paling banyak Rp. 4.000.000,- perbulan dalam setahun
  6. Belum pernah memiliki rumah dan belum pernah memperoleh subsidi perumahan
  7. Memiliki NPWP
  8. Lolos verifikasi

Jangka Waktu maksimum KPR FLPP adalah 20 tahun dengan usia pemohon saat kredit lunas adalah:

  1. Maksimal sampai usia pensiun untuk Pegawai Negeri Sipil, TNI/POLRI, Pegawai tetap/honor/outsourcing dari Lembaga/Instansi/BUMN/BUMD/ Perusahaan Swasta
  2. Maksimal 65 (enam puluh lima) tahun untuk wiraswasta

Rumah yang dapat dibeli melalui KPR Sejahtera Tapak itu memiliki luas bangunan minimal 36 m² dan luas tanah minimal 60 m² yang memenuhi kriteria sebagai rumah sejahtera dengan uang muka untuk debitur PNS minimal 1% dari harga rumah dan untuk debitur lainnya minimal 5% dari harga rumah.

Kredit Usaha Rakyat adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Persyaratan calon debitur KUR adalah

  1. KUR MIKRO (Plafond Maksimal Rp 25 juta)
    • Mempunyai usaha produktif dan layak
    • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
    • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
    • Persyaratan administrasi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha
    • Memiliki agunan minimal 75% dari plafond yang diajukan
  2. KUR RITEL (Plafond >Rp 25 juta s.d Rp 500 juta)
    • Mempunyai usaha produktif dan layak
    • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
    • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan
    • Memiliki Surat Ijin Usaha
    • Memiliki agunan minimal 75% dari plafond yang diajukan
    • Untuk plafond > Rp 50 juta Wajib memiliki NPWP

Jangka waktu KUR adalah:

  1. KUR MIKRO (Plafond Maksimal Rp 25 juta)
    • paling lama 3 (tiga) Tahun untuk kredit/pembiayaan modal kerja; atau
    • paling lama 5 (lima) Tahun untuk kredit/pembiayaan investasi
  2. KUR RITEL (Plafond >Rp 25 juta s.d Rp 500 juta)
    • paling lama 4 (empat) Tahun untuk kredit/pembiayaan modal kerja; atau
    • paling lama 5 (lima) Tahun untuk kredit/pembiayaan investasi

7% efektif per tahun

Yang dapat dijadikan agunan KUR adalah:

  1. Barang bergerak seperti tabungan, deposito dan atau giro di Bank Sumut, kendaraan bermotor, mesin dan alat produksi lainnya.
  2. Barang tidak bergerak seperti Tanah dan atau Bangunan
  3. Barang agunan harus memiliki nilai ekonomis dan yuridis
  4. Barang agunan harus dapat dipindahtangankan kepemilikannya kepada pihak lain

Sektor yang dapat dibiayai dalam KUR ialah:

  1. Sektor Pertanian: seluruh usaha di sektor pertanian (sektor 1), termasuk tanaman pangan, tanaman hortikultura, perkebunan, dan peternakan).
  2. Perikanan: Seluruh usaha di sektor perikanan (sektor 2), termasuk penangkapan dan pembudidayaan ikan).
  3. Industri Pengolahan: Seluruh usaha di sektor Industri Pengolahan (sektor 4), termasuk industri kreatif di bidang periklanan, fesyen, film, animasi, video, dan alat mesin pendukung kegiatan ketahanan pangan.
  4. Perdagangan: Seluruh usaha di sektor perdagangan (sektor 7), termasuk kuliner dan pedagang eceran.
  5. Jasa-Jasa: Seluruh usaha: sektor penyediaan akomodasi dan penyediaan makanan (sektor 8), sektor transportasi – pergudangan - dan komunikasi (sektor 9), sektor real estate - usaha persewaan - jasa perusahaan (sektor 11), sektor jasa pendidikan (sektor 13), sektor jasa kemasyarakatan – sosial budaya – hiburan – perorangan lainnya (sektor 15).

Kartu ATM Bank Sumut dapat digunakan diseluruh mesin ATM yang memiliki logo ATM Bersama, Logo ATM Prima dan Logo ATM BPD One.

Seluruh kartu ATM Bank lain yang memiliki logo ATM Bersama, Prima dan BPD One dapat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM Bank Sumut.

  • Untuk mesin ATM pecahan Rp.50.000,- jumlah maksimal satu kali penarikan adalah Rp. 1.250.000,-
  • Untuk mesin ATM Pecahan Rp. 100.000,- jumlah maksimal satu kali penarikan adalah Rp. 2.500.000,-

Mesin ATM tetap dapat digunakan untuk transaksi transfer, info saldo, ganti PIN, pembayaran dan pembelian.

  • Tarik Tunai
  • Transfer (Pindahbuku)
  • Informasi Saldo
  • Ganti PIN
  • Info 5 mutasi transaksi terakhir
  • Pembayaran
  • Pembelian

Jenis Kartu ATM Bank Sumut adalah Silver, Gold, KPE dan Platinum.

No Tipe Kartu Tarik Tunai / Hari Transfer Internal / Hari Transfer Eksternal / Hari
1 Silver Rp. 5.000.000,- Rp. 25.000.000,- Rp. 20.000.000,-
2 Gold Rp. 10.000.000,- Rp. 50.000.000,- Rp. 25.000.000,-
3 KPE (khusus PNS) Rp. 10.000.000,- Rp. 10.000.000,- Rp. 10.000.000,-
4 Platinum (khusus nasabah prioritas) Rp. 15.000.000,- Rp. 100.000.000,- Rp. 25.000.000,-

  • Senantiasa jaga kerahasiaan PIN ATM anda dan tutupi jari anda dengan tangan pada saat input PIN di ATM.
  • Batalkan transaksi dan segera laporkan ke bank, jika menemukan tanda-tanda yang mencurigakan di ATM, seperti benda-benda asing/kabel yang tidak wajar.
  • Segera pindah ke ATM Bank Sumut lain jika lokasi ATM gelap atau tersembunyi.
  • Pada saat antrian di ATM pastikan orang lain tidak bisa melihat PIN dan nomor kartu.
  • Periksa bukti transaksi sebelum meninggalkan ATM. Simpanlah bukti tersebut.
  • Segera mengambil uang dan kartu, karena bila terlalu lama tidak diambil maka uang atau kartu akan masuk kembali ke dalam mesin.
  • Hindarkan menghitung uang di tempat yang terbuka.
  • Jika kartu tertelan mesin, segera hubungi Bank Sumut Call 14002 dan minta kartu agar diblokir.

Kartu ATM Bank Sumut dapat digunakan diseluruh mesin ATM yang memiliki logo ATM Bersama, Logo ATM Prima dan Logo ATM BPD One.

No. Jenis Deposito Jangka Waktu
1 Deposito 1,3,6,12,24 (Bulan)
2 Deposito Pokok + Bunga 1,3,6,12,24 (Bulan)
3 Deposito On Call (DOC) Minimal 3 hari dan Maksimal 28 hari

Seluruh kartu ATM Bank lain yang memiliki logo ATM Bersama, Prima dan BPD One dapat digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM Bank Sumut.

No. Jenis Deposito Saldo Minimal
1 Deposito Rp. 2.000.000,-
2 Deposito Pokok + Bunga Rp. 2.000.000,-
3 Deposito On Call (DOC) Perseorangan Rp. 500.000.000,- Perusahaan/Badan Rp. 1.000.000.000,-

Untuk perorangan dewasa cukup melengkapi permohonan dengan fotokopi identitas diri yang masih berlaku seperti KTP Elektronik dan Paspor.

Deposito adalah simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat tertentu.

Akan dikenakan biaya pinalti sebesar 2% dari jumlah pokok (saldo) deposito.

Ya, Simpanan Deposito di Bank Sumut dapat dijadikan agunan untuk pinjaman (kredit) di Bank Sumut.

Layanan Bank Sumut Prioritas merupakan layanan istimewa yang diberikan Bank Sumut khusus kepada Nasabah istimewa sebagai wujud apresiasi dari Bank Sumut, dengan memberikan layanan perbankan yang lebih nyaman dan eksklusif khusus kepada Nasabah Prioritas Bank Sumut.

Syarat dan ketentuan menjadi Nasabah Bank Sumut Prioritas adalah :

  1. Individu / Perorangan Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia diatas 17 tahun
  3. Memiliki bukti identitas diri (KTP/Paspor) yang masih aktif
  4. Memiliki rekening Tabungan Martabe (02.04) di Bank Sumut, untuk pembukaan rekening dapat dilakukan pada Unit Kantor Bank Sumut terdekat
  5. Nasabah individu / perorangan yang memiliki dana di Bank Sumut dalam bentuk Tabungan, Giro dan atau Deposito dengan minimal akumulasi saldo dana sebesar Rp. 250.000.000,- (Dua ratus lima puluh juta rupiah)
  6. Mengisi dan menandatangani Formulir Pendaftaran Nasabah Prioritas pada Unit Kantor Bank Sumut terdekat

  1. Sebagai kartu tanda keanggotaan
  2. Berfungsi sebagai kartu ATM
  3. Kartu untuk mendapatkan benefit

  1. Layanan Bebas Antri di seluruh Unit Kantor Bank Sumut
  2. Welcoming Pack berupa souvenir istimewa sebagai wujud apresiasi
  3. Ruangan khusus Layanan Bank Sumut Prioritas pada Kantor Cabang Koordinator Medan
  4. Mendapatkan Personal Service oleh Customer Service dan Teller khusus Layanan Bank Sumut Prioritas pada Kantor Cabang Koordinator Medan
  5. Dapatkan special gift ulang tahun dari Layanan Bank Sumut Prioritas di hari istimewa
  6. Gratis berlangganan majalah disesuaikan dengan keinginan Nasabah selama 3 bulan pertama
  7. Gratis pemakaian Airport Executive Lounge pada beberapa Bandara yang telah bekerjasama dengan Layanan Bank Sumut Prioritas
  8. Gratis pemakaian Layanan JOUMPA Airport Assistance berupa Layanan Fast Track di dalam urusan Bandara seperti proses check-in, bagasi, imigrasi, pengurusan custom (cukai) dan pemakaian layanan Lounge Bandara pada 57 (lima puluh tujuh) Bandara di seluruh Indonesia
  9. Dapatkan diskon di berbagai merchant pilihan seperti Food & Beverage, Fashion, Lifestyle dan lainnya

  1. Bandara Kualanamu
  2. Bandara Soekarno Hatta di Terminal 1C, Terminal 3 Domestik dan Internasional

  1. Telah terdaftar menjadi Nasabah Prioritas Bank Sumut Konvensional dan Bank Sumut Syariah
  2. Kriteria Nasabah Prioritas yang dapat menikmati layanan JOUMPA adalah yang memiliki akumulasi saldo Tabungan dan atau Deposito dan atau Giro dimulai dari saldo Rp.2.000.000.000,- (Dua milyar rupiah) keatas
  3. Layanan JOUMPA Airport Assistance hanya diberikan kepada pemilik kartu Sumut Prioritas dan Bank Sumut Syariah yang telah memenuhi kriteria tersebut diatas pada poin a dan b (tidak berlaku untuk pendamping baik suami/istri/anak)
  4. Pemakaian Layanan JOUMPA Airport Assistance hanya diberikan kepada Nasabah Prioritas sebanyak 3 kali perjalanan pulang pergi setiap bulannya
  5. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kantor Bank Sumut terdekat
  6. Dapat digunakan pada 57 Bandara se-Indonesia

Tabungan Martabe adalah merupakan tabungan bank sumut yang diperuntukkan bagi nasabah umum, adapun kepanjangan dari MARTABE adalah Mari Tingkatkan Aktivitas Berhemat.

Untuk perorangan dewasa cukup melengkapi permohonan dengan fotokopi identitas diri yang masih berlaku seperti KTP Elektronik dan Paspor.

Setoran awal sebesar Rp. 50.000,- dan saldo minimal mengendap pada rekening tabungan sebesar Rp. 50.000,-

Tabungan Martabe diberikan fasilitas sebagai berikut :

  • Saldo mengendap diberikan bunga yang dihitung secara harian
  • Bunga diberikan secara progressive rate
  • Gratis perlindungan asuransi jiwa SIPANDA
  • Dapat bertransaksi antar kantor secara online
  • Diberikan fasilitas kartu ATM yang dapat digunakan diseluruh mesin ATM Bank Sumut, ATM Bersama, ATM Primda dan ATM BPD One
  • Dapat mengikuti Undian Martabe One dan diundi 2x dalam setahun

Ya, penggantian Buku Tabungan dapat dilakukan diseluruh unit kantor Bank Sumut.

Tidak, jika ingin melakukan penutupan rekening tabungan, harus dilakukan diunit kantor tempat pembukaan rekening.

Biaya administrasi tabungan Martabe adalah sebagai berikut :

No. Keterangan Biaya
1 Martabe Tanpa Kartu ATM Rp. 7.500,-
2 Martabe dengan Kartu ATM Silver Rp. 12.500,-
3 Martabe dengan Kartu ATM Gold Rp. 15.000,-
4 Martabe dengan Kartu ATM Platinum Rp. 17.500,-

Seluruh sektor usaha yang memiliki perizinan dari pemerintah dan tidak melanggar undang-undang.

Tujuan untuk menambah modal kerja pelaksanaan kontrak kerja pemborongan/pengadaan barang atau jasa dari Pejabat Pengelola Fisik Proyek/Bouwheer dengan sasaran penyedia barang/jasa yang telah memiliki kontrak kerja pemborongan/pengadaan barang atau jasa dari Pejabat Pengelola Fisik Proyek/Bouwheer dalam bentuk kredit rekening koran.

  1. Untuk Calon Debitur Berbentuk Badan Usaha
    1. Surat Permohonan Kredit SPK
    2. Dokumen asli Kontrak Kerja
    3. Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport pengurus, pemilik perusahaan dan pemilik barang agunan dan suami/istri atau ahli waris pemilik barang agunan yang masih berlaku
    4. Pasphoto terbaru calon pengurus, pemilik perusahaan dan pemilik barang agunan uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
    5. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) calon perusahaan dan pengurus
    6. Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan
    7. Fotocopy legalitas dan perizinan usaha yang masih berlaku
    8. Fotocopy akta Pendirian Perusahaan/anggaran dasar dan akta perubahan terakhir
    9. Surat pernyataan bahwa akta perusahaan/anggaran dasar yang berlaku saat ini merupakan akta terakhir
    10. Laporan keuangan :
      • Permohonan kredit < Rp.5.000.000.000,- (lebih kecil dari lima miliar rupiah), wajib menyediakan laporan keuangan unaudited/inhouse 2 (dua) tahun terakhir dan tahun berjalan.
      • Permohonan kredit ≥ Rp. 5.000.000.000,- (lebih besar sama dengan lima miliar rupiah) wajib menyediakan laporan keuangan audited 2 (dua) tahun terakhir.
      • Permohonan kredit < Rp. 5.000.000.000,- (lima miliar rupiah) wajib menyediakan laporan keuangan audited 2 (dua) tahun terakhir :
        • Dalam bentuk Perusahan Terbatas (PT) kriteria
          • Bidang usaha perseroan berkaitan dengan pengerahan dana masyarakat
          • Mengeluarkan surat pengakuan hutang
          • Memiliki jumlah aktiva atau kekayaan paling sedikit Rp. 50 miliar
        • Dalam bentuk Perusahan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Daerah
    11. Calon debitur harus telah memiliki sertifikat kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan
  2. Untuk Calon Debitur Berbentuk orang perseorangan
    1. Surat Permohonan Kredit SPK
    2. Dokumen asli Kontrak Kerja
    3. Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport calon debitur danbarang agunan dan suami/istri atau ahli waris pemilik barang agunan yang masih berlaku
    4. Pasphoto terbaru calon pengurus, pemilik perusahaan dan pemilik barang agunan uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
    5. Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) calon debitur
    6. Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan
    7. Fotocopy legalitas dan perizinan usaha yang masih berlaku
    8. Laporan keuangan :
      • Permohonan kredit < Rp.5.000.000.000,- (lebih kecil dari lima miliar rupiah), wajib menyediakan laporan keuangan unaudited/inhouse 2 (dua) tahun terakhir dan tahun berjalan.
      • Permohonan kredit ≥ Rp. 5.000.000.000,- (lebih besar sama dengan lima miliar rupiah) wajib menyediakan laporan keuangan audited 2 (dua) tahun terakhir.
    9. Calon debitur harus telah memiliki sertifikat kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan

Suku bunga Kredit SPK 16% Floating rate.

  1. Biaya Administrasi
  2. Biaya Propisi
  3. Biaya Asuransi
  4. Biaya Notaris

Seluruh sektor usaha yang memiliki perizinan dari pemerintah dan tidak melanggar undang-undang.

Tujuan untuk menambah modal kerja pengusaha dalam menjalankan usahanya dengan sasaran pengusaha perorangan atau badan usaha yang menjalankan usaha produktif dibidang industri, perdagangan barang/jasa.

  1. Untuk Usaha Perseorangan
    1. Warga Negara Indonesia (WNI)
    2. Usia minimum 21 tahun atau dibawah 21 tahun telah menikah
    3. Usia maksimal pada saat masa kredit berakhir 70 (tujuh puluh) tahun
    4. Memiliki usaha produktif
    5. Usaha yang dijalankan memiliki perizinan sesuai ketentuan yang berlaku, dan bagi usaha yang tidak memerlukan izin menurut ketentuan, cukup dengan surat keterangan usaha usaha dari Kepala Desa/Lurah/Camat setempat.
    6. Tidak mempunyai tunggakan kredit di perbankan dan atau tidak termasuk daftar hitam serta daftar pinjaman macet Bank Indonesia
    7. Memiliki rekening Giro di Bank Sumut
    8. Melengkapi dan menyerahkan dokumen :
      • Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport pemohon dan suami/istri
      • Fotocopy Kartu Keluarga
      • Fotocopy buku nikah/surat cerai/kematian
      • Pasfoto suami/istri uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
      • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp.100 juta
      • Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan dan SPT PBB tahun terakhir/berjalan yang telah di bayar
      • Fotocopy legalitas dan perizinan sesuai dengan usaha yang dijalankan
      • Laporan keuangan usaha tahun berjalan yang ditandatangani oleh pemohon
      • Laporan keuangan unaudited 2 tahun terakhir (untuk kredit diatas Rp. 500 juta s/d Rp. 5 miliar)
      • Laporan keuangan audited 2 tahun terakhir (untuk kredit di atas Rp. 5 miliar)
  2. Untuk Badan Usaha
    1. Memiliki legalitas pendirian badan usaha
    2. Memiliki perizinan usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti : Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan, NPWP, dll
    3. Khusus untuk Badan Usaha dalam bentuk PT, Yayasan harus dilengkapi dengan pengesahan dari Departemen Hukum dan Hak Azazi Manusia, sedangkan Koperasi harus dilengkapi dengan pengesahan dari Departemen Koperasi; baik pada saat pendiriannya maupun perubahan-perubahannya
    4. Untuk Badan Usaha dalam bentuk CV dan Firman agar didaftarkan kepada Panitera Pengadilan Negeri setempat.
    5. Menyampaikan company profile perusahaan
    6. Perusahaan, pengurus dan pemilik perusahaan tidak termasuk dalam daftar hitam dan daftar kredit macet Bank Indonesia
    7. Memiliki rekening Giro Bank Sumut
    8. Melengkapi dan menyerahkan dokumen :
      • Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport pengurus/pemohon
      • Pasfoto pengurus/pemohon uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
      • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
      • Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan
      • Fotocopy legalitas dan perizinan sesuai dengan usaha yang dijalankan
      • Laporan keuangan unaudited 2 tahun terakhir (untuk kredit diatas Rp. 500 juta s/d Rp. 5 miliar)
      • Laporan keuangan audited 2 tahun terakhir ≥ Rp.5 miliar atau < Rp.5 miliar, namun memenuhi salah satu kriteria sebagai berikut :
        • Debitur perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang memenuhi salah satu kriteria
          • Merupakan Perseroan Terbuka
          • Bidang usaha perseroan berkaitan dengan pengerahan dana masyarakat
          • Mengeluarkan surat pengakuan hutang
          • Memiliki jumlah aktiva atau kekayaan paling sedikit Rp. 50 miliar
        • Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Daerah
      • Laporan keuangan perusahaan tahun berjalan yang ditandatangani pemohon
      • Study kelayakan usaha bila diperlukan

  1. Biaya Administrasi
  2. Biaya Propisi
  3. Biaya Asuransi
  4. Biaya Notaris

  1. Untuk plafond ≤ 200 Jt = 16 %
  2. Untuk plafond > 200 Jt = 15 % Floating rate (Efektif harian)

Seluruh sektor usaha yang memiliki perizinan dari pemerintah dan tidak melanggar undang-undang.

Kredit untuk menambah modal kerja yang bersifat investasi dan konsumtif dengan sasaran badan usaha/ usaha perorangan/profesional yang memiliki usaha produktif dan atau penghasilan tetap dengan sasaran badan usaha/usaha perorangan/profesional yang memiliki usaha produktif dan atau penghasilan tetap.

  1. Untuk Usaha Perseorangan
    1. Warga Negara Indonesia (WNI)
    2. Usia minimum 21 tahun atau dibawah 21 tahun telah menikah
    3. Usia maksimal pada saat masa kredit berakhir 60 (enam puluh) tahun saat kredit lunas
    4. Memiliki penghasilan tetap yang dapat diverifikasi kebenarannya bagi pemohon yang berstatus Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Tetap Lembaga/Instansi/BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta, Profesional (dokter, notaris dll)
    5. Memiliki usaha produktif bagi pemohon yang berstatus wiraswasta/pengusaha
    6. Usaha yang dijalankan memiliki perizinan sesuai ketentuan yang berlaku, dan bagi usaha yang tidak memerlukan izin menurut ketentuan, cukup dengan surat keterangan usaha usaha dari Kepala Desa/Lurah/Camat setempat.
    7. Tidak mempunyai tunggakan kredit di perbankan dan atau tidak termasuk daftar hitam serta daftar pinjaman macet Bank Indonesia
    8. Memiliki rekening tabungan di Bank Sumut
    9. Melengkapi dan menyerahkan dokumen :
      • Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport pemohon dan suami/istri
      • Fotocopy Kartu Keluarga
      • Fotocopy buku nikah/surat cerai/kematian
      • Pasfoto suami/istri uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
      • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk kredit diatas Rp.100 juta
      • Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan dan SPT PBB tahun terakhir/berjalan yang telah di bayar
      • Fotocopy legalitas dan perizinan sesuai dengan usaha yang dijalankan
      • Laporan keuangan usaha tahun berjalan yang ditandatangani oleh pemohon
      • Laporan keuangan unaudited 2 tahun terakhir (untuk kredit diatas Rp. 500 juta s/d Rp. 5 miliar)
      • Laporan keuangan audited 2 tahun terakhir (untuk kredit di atas Rp. 5 miliar)
      • Untuk pemohon yang berstatus pegawai/profesional melengkapi :
        • Asli slip gaji terakhir/surat keterangan penghasilan dari tempat bekerja dan wajib diverifikasi kebenarannya
        • Fotocopy Surat Keputusan Pengangkatan pegawai
        • Fotocopy izin-izin praktek profesi
  2. Untuk Badan Usaha
    1. Memiliki legalitas pendirian badan usaha (Akte Pendirian dan perubahannya)
    2. Memiliki perizinan usaha sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti : Surat Izin Usaha Perdagangan, Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan, NPWP, dll
    3. Untuk Badan Usaha berbadan hukum dalam bentuk PT dan Yayasan harus dilengkapi dengan pengesahan dari Kementrian Hukum dan Hak Azazi Manusia, sedangkan Koperasi harus dilengkapi dengan pengesahan/persetujuan dari Kementerian Koperasi dan UKM, baik pada saat pendiriannya maupun perubahan-perubahannya
    4. Untuk Badan Usaha dalam bentuk CV dan Firman agar didaftarkan kepada Panitera Pengadilan Negeri setempat.
    5. Perusahaan, pengurus dan pemilik perusahaan tidak termasuk dalam daftar hitam dan daftar kredit macet Bank Indonesia
    6. Memiliki rekening Giro Bank Sumut
    7. Melengkapi dan menyerahkan dokumen :
      • Fotocopy identitas diri seperti KTP/SIM/Pasport pengurus/pemohon
      • Pasfoto pengurus/pemohon uk. 3 x 4 inci masing-masing 2 lembar
      • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan
      • Fotocopy bukti kepemilikan barang agunan
      • Fotocopy legalitas dan perizinan sesuai dengan usaha yang dijalankan
      • Company profile perusahaan
      • Laporan keuangan unaudited 2 tahun terakhir (untuk kredit diatas Rp. 500 juta s/d Rp. 5 miliar)
      • Laporan keuangan audited 2 tahun terakhir ≥ Rp.5 miliar atau < Rp.5 miliar, namun memenuhi salah satu kriteria sebagai berikut :
        • Debitur perusahaan dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) yang memenuhi salah satu kriteria
          • Merupakan Perseroan Terbuka
          • Bidang usaha perseroan berkaitan dengan pengerahan dana masyarakat
          • Mengeluarkan surat pengakuan hutang
          • Memiliki jumlah aktiva atau kekayaan paling sedikit Rp. 50 miliar
        • Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Daerah
      • Laporan keuangan perusahaan tahun berjalan yang ditandatangani pemohon
      • Study kelayakan proyek untuk kredit di atas Rp. 5 miliar
      • Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) bagi proyek yang dapat mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat setempat, seperti proyek-proyek yang menghasilkan limbah , dsbnya

  1. Biaya Administrasi
  2. Biaya Propisi
  3. Biaya Asuransi
  4. Biaya Notaris

  1. Untuk plafond ≤ 200 Jt = 16 %
  2. Untuk plafond > 200 Jt = 15 %
(Annuitas bulanan, Floating rate Semesteran)

Kredit Mikro Sahabat Insan Pengusaha Pemula (SIPP) adalah kredit yang diberikan kepada pelaku usaha mikro dengan tujuan modal kerja dan investasi dengan plafon Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) s/d Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah).

Untuk Tujuan Modal Kerja jangka waktu 6 s.d 36 bulan, untuk Investasi jangka waktu 12 bulan s.d 36 bulan.

Anda tidak dapat mengajukan pinjaman Kredit SIPP untuk tujuan konsumtif.

Bunga Kredit Mikro Sahabat Insan Pengusaha Pemula (SIPP) sebesar 6,99 %.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 21– 65 tahun
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  5. Menyerahkan agunan yang sifatnya flexible.
  6. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  7. Untuk mahasiswa yang memiliki usaha, telah manjalani study minimal semester 6 (enam) dengan IPK (Indeks Predikat Kumulatif) minimal 2,5 (dua koma lima).

Ya. Anda harus memiliki rekening bank atas nama Anda (sesuai dengan nama lengkap di KTP) untuk dapat mengajukan pinjaman. Apabila pengajuan disetujui, maka dana akan dikirimkan ke rekening Anda.

Proses pinjaman maksimal dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi.

Anda harus melunasi pinjaman yang sedang berjalan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman baru, kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, Leasing dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Diperkenankan untuk mengambil kredit baru dengan ketentuan kredit telah berjalan minimal setengah periode dan kualitas kredit Lancar pada saat akan meminjam peminjaman kredit yang baru.

Seluruh unit kantor Bank Sumut dapat memproses pengajuan pinjaman Kredit SIPP.

Kredit Mikro Sumut Sejahtera (KMSS) adalah kredit yang melayani segmen kredit mikro untuk melayani pelaku usaha mikro dengan tujuan modal kerja dan investasi dalam skala kebutuhan Rp 5 juta – 50 Juta.

Untuk Tujuan Modal Kerja jangka waktu 6 s.d 36 bulan, untuk Investasi jangka waktu 12 bulan s.d 36 bulan.

Anda tidak dapat mengajukan pinjaman KMSS untuk tujuan konsumtif.

Bunga KMSS sebesar 12 % per tahun atau 1% per bulan.

Biaya administrasi sebesar Rp. 50.000,-

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 21– 65 tahun
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  5. Menyerahkan agunan yang sifatnya flexible.
  6. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 (satu) tahun

Ya. Anda harus memiliki rekening bank atas nama Anda (sesuai dengan nama lengkap di KTP) untuk dapat mengajukan pinjaman. Apabila pengajuan disetujui, maka dana akan dikirimkan ke rekening Anda.

Proses pinjaman maksimal dalam waktu 3 (tiga) hari kerja sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi.

Anda harus melunasi pinjaman yang sedang berjalan terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman baru, kecuali kredit konsumtif seperti Kartu Kredit, Leasing dan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Diperkenankan untuk mengambil kredit baru dengan ketentuan kredit telah berjalan minimal setengah periode dan kualitas kredit Lancar pada saat akan dilakukan peminjaman kredit yang baru.

Seluruh unit kantor Bank Sumut dapat memproses pengajuan pinjaman KMSS.

Kredit Investasi Sumut Sejahtera (KISS) adalah kredit untuk membantu pelaku usaha produktif dengan tujuan investasi dalam skala kebutuhan di atas Rp 50 juta s.d 500 Juta.

Suku Bunga 15% per tahun

Biaya Provisi 1% dari plafond kredit, Biaya Administrasi Rp. 500.000,-, Biaya Asuransi dan Biaya Pengikatan Kredit

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 21 – 70 tahun
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  5. Menyerahkan agunan
  6. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 (satu) tahun

Ya. Anda harus memiliki rekening bank atas nama Anda (sesuai dengan nama lengkap di KTP) untuk dapat mengajukan pinjaman. Apabila pengajuan disetujui, maka dana akan dikirimkan ke rekening Anda.

Proses pinjaman maksimal dalam waktu 5 (tiga) hari kerja sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi.

Diperkenankan untuk mengambil kredit baru dengan ketentuan kualitas kredit sebelumnya Lancar dan berdasarkan analisa kredit dapat diberikan pinjaman yang baru.

Seluruh unit kantor Bank Sumut dapat memproses pengajuan pinjaman KISS

Kredit Usaha Sumut Sejahtera (KUSS) adalah kredit untuk membantu pelaku usaha produktif dengan tujuan modal kerja dalam skala kebutuhan di atas Rp 50 juta s.d 500 Juta.

Suku Bunga 15% per tahun

Biaya Provisi 1% dari plafond kredit, Biaya Administrasi Rp. 500.000,-, Biaya Asuransi dan Biaya Pengikatan Kredit

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia 21 – 70 tahun
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku
  4. Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  5. Menyediakan agunan
  6. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 1 (satu) tahun

Ya. Anda harus memiliki rekening bank atas nama Anda (sesuai dengan nama lengkap di KTP) untuk dapat mengajukan pinjaman. Apabila pengajuan disetujui, maka dana akan dikirimkan ke rekening Anda.

Proses pinjaman maksimal dalam waktu 5 (tiga) hari kerja sejak proses pengajuan pinjaman dan semua dokumen telah dilengkapi.

Diperkenankan untuk mengambil kredit baru dengan ketentuan kualitas kredit sebelumnya Lancar dan berdasarkan analisa kredit dapat diberikan pinajaman yang baru.

Seluruh unit kantor Bank Sumut dapat memproses pengajuan pinjaman KUSS

Perempuan usia 21 atau telah menikah sampai dengan usia 65 tahun.

  1. Memiliki usaha mikro produktif
  2. Dalam bentuk kelompok, minimal dari 10 s/d 30 orang
  3. Anggota kelompok berdomisili didaerah yang sama/berdekatan
  4. Tidak sedang menikmati fasilitas kredit kecuali Leasing Sepeda Motor

Tanpa jaminan

  1. Fasilitas Tabungan Martabe Sumut Sejahtera Bebas Biaya Administrasi dan Gratis Asuransi Jiwa.
  2. Angsuran mingguan
  3. Angsuran dan Tabungan dijemput oleh Petugas Bank.

Dimulai dari Rp.500.000,-/Rp.1.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-

Mulai 16 minggu hingga maksimum 72 minggu.

Suku Bunga 15.60 % Flat p.a

Fotocopy Identitas diri yang masih berlaku/ KTP

  1. Kartu Keluarga
  2. Buku Nikah/Surat Keterangan Menikah bagi yang telah menikah.
  3. Surat Keterangan Janda dari Kepala Desa/Kelurahan.
  4. Pasphoto diri dan suami/isteri ukuran 4x6. Sebanyak 2 lembar.

Biaya Provisi 1% dari plafond kredit

  1. Biaya Materai
  2. Premi Asuransi Jiwa : minimal Rp.5.000,-

Jangka Waktu maksimum KMG untuk pembayaran gaji melalui PT. Bank Sumut adalah 15 (lima belas) tahun untuk PNS dan 10 (sepuluh) tahun untuk CPNS Pegawai, sedangkan untuk pembayaran gaji tidak melalui PT. Bank Sumut adalah maksimum 15 (lima belas) tahun untuk PNS dan 7 (tujuh) tahun untuk CPNS dan selain CPNS.

Penerima KMG terdiri dari : Perorangan yang memiliki profesi sebagai pegawai tetap, CPNS, PPPK, Tenaga Honorer, Kepala Desa, Kepala Lingkungan di Dinas/Instansi/Lembaga/BUMN/BHMN/BUMD/Koperasi Pegawai/Perusahaan, dengan sumber pengembalian kredit dari penghasilan yang diterima pegawai tersebut setiap bulannya.

Benar, KMG dicover dengan pertanggungan asuransi jiwa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Calon debitur hanya mengeluarkan biaya untuk pertanggungan asuransi serta bebas biaya administrasi dan provisi kredit.

Jangka Waktu maksimum Kredit Pensiun adalah 180 (seratus delapan puluh) bulan untuk penerima manfaat pensiun dan para pegawai yang akan memasuki masa pensiun yang telah atau akan memiliki SK Pensiun dengan sisa masa kerja aktif paling lama 60 (enam puluh) bulan lagi. Sedangkan untuk pensiun Duda maksimum 36 (tiga puluh enam) bulan.

Penerima Kredit Pensiun terdiri dari : Para Penerima Pensiun yang menerima manfaat pensiunnya melalui PT. Bank Sumut atau Para Pegawai yang akan memasuki masa pensiun yang telah atau akan memiliki SK Pensiun dengan sisa masa kerja aktif paling lama 60 (enam puluh)bulan lagi yang pembayaran gajinya melalui PT. Bank Sumut.

Benar, Kredit Pensiun dicover dengan pertanggungan asuransi jiwa.sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Calon debitur hanya dibebankan biaya untuk pertanggunagn asuransi dan biaya materai, sedangkan untuk biaya administrasi dan provisi kredit sudah ditanggung oleh Bank.

Jangka Waktu Kredit Pemilikan Properti terdiri dari :

  1. Maksimum 180 (seratus delapan puluh) bulan dan disesuaikan dengan kemampuan pemohon kredit.
  2. Untuk pemohon kredit yang berstatus pegawai dengan penghasilan tetap, agar diperhitungkan sisa masa kerja sebelum pensiun, sedangkan untuk wiraswasta/profesional agar diperhitungkan persyaratan batas maksimum umur pada saat berakhirnya jangka waktu pengembalian kredit.

Penerima Kredit Pemilikan Properti adalah para Pegawai/Wiraswasta/Profesional yang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap.

Benar, Kredit Pemilikan Properti dicover dengan pertanggungan asuransi jiwa penerima kredit maupun asuransi kebakaran atas agunan kredit.

Biaya kredit yang menjadi beban debitur adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Provisi kredit.
  2. Biaya Administrasi kredit.
  3. Biaya Materai.
  4. Biaya premi asuransi kebakaran atas agunan.
  5. Biaya premi asuransi jiwa penerima kredit.
  6. Biaya Penilaian/Appraisal agunan.
  7. Biaya Notaris dan/atau PPAT dalam rangka penandatanganan perjanjian kredit beserta biaya pengikatan agunan.