Kevin Kamis, 04 November 2021 | 116

60 Tahun Bank Sumut, Konsisten Berinovasi Melayani

Sebagai bank umum daerah, sudah pasti PT. Bank Sumut sangat dapat diandalkan, telah banyak berupaya ikut serta membantu mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangunan daerah sejak berdirinya di tahun 1961 tanggal 4 November. Terukir sebagai visi utama perusahaan, konsisten berinovasi memberi layanan terbaik produk perbankan masa kini menjawab kebutuhan masyarakat luas.

Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (BPDSU) di tahun pertama berdiri mendapat respons sangat baik dari masyarakat. Kemudian di tahun 1962 bentuk usaha berganti menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sesuai ketentuan Pokok Bank Pembangunan Daerah Tingkat I Sumatera Utara. Semakin berkembang lagi di tahun 1999 bentuk usaha menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara lebih singkat dikenal PT. Bank Sumut. Kinerja dan prestasi hingga kini, berkontribusi sangat baik menampilkan laju pertumbuhan Bank Sumut dari tahun ke tahun. Hal ini tidak terlepas dari hubungan kerjasama saling bersinergi antara Bank Sumut dan masyarakat Sumatera Utara.

Hai #KAWANSUMUT sekilas sejarah dan peran Bank Sumut sudah kamu ketahui, nah bagaimana dengan fakta menarik berikut ini:

>Makna Logo
Berbentuk huruf ‘S’ merupakan huruf awal ‘Sumut’ dengan konsep 2 elemen saling terkait, menjelaskan sinergi kerjasama sangat erat antara Bank SUMUT dan masyarakat Sumut. Warna oranye melambangkan hasrat untuk terus maju penuh energik yang dipadu dengan warna biru melambangkan sportif dan profesional. Latar belakang warna putih menjelaskan ketulusan hati melayani kebutuhan perbankan.

 

>Konsisten Berinovasi di Era Digital
Semangat penuh energi untuk terus maju ditandai dengan telah banyak prestasi yang diraih atas kinerja yang dilakukan. Bahkan hingga kini tetap berinovasi memberikan pelayanan terbaik produk perbankan tepat guna. Aktivitas finansial diera digital, Bank SUMUT pun ikut serta berinovasi dengan hadirnya Sumut Mobile sebagai bentuk persaingan yang profesional. Layanan pada nasabah melalui mobile phone dengan berbagai keunggulan, seperti tarik tunai tanpa kartu atm, isi pulsa paket data, bayar tagihan, transfer dan banyak fitur lainnya yang memberikan kemudahan.

 

>Produk Perbankan Tepat Guna
Daripada memperbanyak produk perbankan tapi tidak tepat sasaran, Bank SUMUT terus berupaya memahami apa yang paling dibutuhkan masyarakat Sumatera Utara. Kemudian fokus meningkatkan pelayanan produk perbankan agar tepat guna sesuai apa yang diinginkan nasabah. Hal ini terbukti dengan prestasi-prestasi yang dianugerahkan pada Bank SUMUT, salah satunya di tahun 2019 mendapatkan penghargaan Pengelolaan Dana Haji Terbaik.

 

>Mendukung Kemajuan Ekonomi Segala Bidang
Peran utama Bank SUMUT mendukung perekonomian dan pembangunan di segala bidang agar terciptanya kemandirian usaha masyarakat dan meningkatnya taraf hidup lebih baik. Dari banyaknya upaya yang sudah dilakukan salah satunya, Bank SUMUT salurkan KUR dan Kredit Mikro Sumut Bermartabat kepada 1500 Petani Cluster Padi

 

>Sumut Peduli Untuk Kepentingan & Kebutuhan Masyarakat
Mendukung pelayanan publik salurkan dana membangun 5 halte transportasi massal dan membantu korban bencana melalui donasi Sumut Peduli. Menyalurkan donasi pada masyarakat terdampak Covid19 di Medan, dan sebelumnya juga memberikan bantuan pada korban banjir bandang, maupun longsor yang pernah terjadi di Kabupaten Mandailing Natal, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan dan NTT.

 

>Membantu Kemudahan Pelayanan Administratif
Fitur pembayaran melalui Sumut Mobile yang semakin cepat, mudah, dan aman sangat membantu transaksi dari kanal online. Bahkan, Sumut Mobile pun mendukung pembayaran di banyak layanan admnistratif. Seperti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, Pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan Layanan administratif lainnya.

 

>Bank SUMUT Banknya Orang SumutSemua kalangan selagi tinggal di Sumatera Utara maka harus menikmati fitur layanan dari Bank SUMUT. Mesin-mesin ATM yang tersebar di seluruh daerah Sumatera Utara sangat membantu untuk tarik tunai kebutuhan masyarakat. Bahkan digitalisasi finansial dari Bank SUMUT melalui Sumut Mobile juga menjangkau para nasabah kekinian, yang bertransaksi tanpa uang tunai (cashless). Aktivitas program dari Bank SUMUT diselenggarakan juga untuk masyarakat luas.

 

Masih banyak prestasi dan upaya yang telah dilakukan oleh PT. Bank SUMUT untuk mewujudkan visi utamanya. Hai #KAWANSUMUT mari wujudkan bersama, saling bersinergi menjadikan Bank SUMUT lebih dari sekarang ini, lebih baik pelayanan dan terus lebih berinovasi setiap tahunnya.