Kevin Kamis, 26 Agustus 2021 | 58

7 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman di Era Digital

Hai #KawanSUMUT pernahkah punya pengalaman buruk ketika melihat mutasi rekening namun muncul transaksi belanja yang misterius atau pernah menerima kode OTP yang bahkan kamu sendiri tidak ada membuat request kode? Berhati-hatilah, kemungkinan kartu atm kamu sudah disalahgunakan saat belanja online. Belanja online saat ini bukanlah suatu kegiatan yang asing lagi. Belanja online juga tidak hanya terbatas pada fashion, atau gadget saja seperti awal-awal berkembangnya sistem belanja online. Bahkan membeli sayuran dan ikan segar pun saat ini sudah bisa secara online. Kebutuhan belanja online semakin hari semakin meningkat. Ditambah lagi aturan perbankan yang semakin menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat di era digital saat ini sehingga semakin memudahkan belanja online. Contohnya, Bank Indonesia yang gencar menyuarakan dan mempromosikan penggunaan QRIS dalam transaksi belanja online. Bahkan BI menyarankan di setiap gerai toko online dan juga offline agar menyediakan fitur QRIS sebagai salah satu metode pembayaran.

Untuk itu Bank Sumut menghadirkan QRIS QRen demi memudahkan para nasabahnya dalam berbelanja. Adanya sistem QRIS QRen, membuat masyarakat tidak perlu repot membawa uang tunai yang banyak. Untuk menggunakannya cukup dengan mengunduh aplikasi QRen di handphone melalui Google Play Store, lalu mengisi saldonya dengan rekening Bank Sumut sesuai kebutuhan untuk transaksi .  Saat transaksi, cukup scan QR code dengan handphone maka tagihan belanja sudah lunas terbayar.

Selain menggunakan QRIS untuk transaksi online, metode lainnya dapat dilakukan dengan melakukan transfer dari ATM, debit online, mobile banking, maupun setor tunai melalui minimarket dengan menggunakan kode pembayaran yang diberikan saat tagihan muncul. Namun, kemudahan ini juga diikuti dengan semakin rentannya keamanan digital. Sebagai nasabah #KawanSUMUT harus selalu waspada ketika ada aktivitas online yang mencurigakan. Tetap berhati-hati dalam bertransaksi online, jangan sampai data diri dan keuangan tersebar kemana-mana dan disalahgunakan oleh oknum-oknum nakal. Berikut ada 7 Tips Belanja Online Aman dan Nyaman di Era Digital nih yang bisa #KawanSUMUT terapkan:

  1. Belanja Online hanya di marketplace resmi dan mempunyai ijin OJK.
  2. Selain di marketplace resmi dan berijin OJK, belanjalah di toko online resmi yang memiliki ijin usaha.
  3. Saat belanja online, lakukan pembayaran dengan kode resmi yang diberikan oleh merchant melalui.
  4. Atur keamanan akun di marketplace dengan menggunakan double autentikasi, via aplikasi dan via nomor handphone atau juga bisa via email.
  5. Jika fitur handphone mendukung, saat melakukan pembayaran gunakan juga double autentikasi dengan sentuhan sidik jari, face ID, maupun PIN.
  6. Jangan sembarangan meninggalkan handphone dengan layar tidak terkunci.
  7. Jangan klik link apapun yang dikirim dari nomor tidak dikenal termasuk link undian abal-abal yang sering dibagikan di grup whatsapp.

Nah, Semoga 7 tips di atas dapat membantu #KawanSUMUT untuk lebih waspada dalam belanja online. Ingatkan juga orang-orang yang kamu sayangi ya, mari saling menjaga keamanan data keuangan dan saling waspada terhadap aktivitas online yang mencurigakan. Tenang saja, #KawanSUMUT tidak perlu takut dalam belanja online selama mengikuti tips tersebut apalagi jika belanjanya menggunakan fitur yang disediakan oleh Bank Sumut. Bank Sumut selalu menjamin keamanan yang ketat dalam bertransaksi agar kamu selalu merasa nyaman bertransaksi menggunakan Bank Sumut.