Kevin Kamis, 16 September 2021 | 44

IDE USAHA SAMPINGAN DENGAN MODAL KECIL

Ingin memulai usaha sampingan karena pendapatan tidak cukup memenuhi kebutuhan? Atau punya rencana keuangan, seperti menabung biaya pendidikan anak, mencicil properti, atau mengumpulkan dana darurat? Ada kalanya pendapatan tidak mencukupi disebabkan tidak cermat mengatur keuangan atau memang penghasilan yang belum memadai. Jika disebabkan hal kedua, ada baiknya mulai memikirkan bagaimana meningkatkan pendapatan. Apakah mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi dan stabil atau memiliki usaha sampingan?

Menjalani sebuah usaha tentunya butuh keterampilan, waktu, dan yang sering menjadi kendala memulai adalah perkara modal. Namun pada era ini, syukurnya tidak sedikit jenis usaha sampingan dengan modal kecil. Banyaknya media pemasaran seperti media sosial, brosur, e-commerce, atau website memberikan kesempatan besar dalam promosi usaha. Artikel kali ini akan membahas usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa dicoba.

 

    1. Usaha Kuliner

    Punya keterampilan memasak? Tidak ada salahnya memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menghasilkan cuan. Ada banyak jenis kuliner yang bisa dipilih, sepeti menjual masakan rumahan, aneka kue, atau frozen food. Apabila modal masih sangat terbatas, bisa pula menerapkan sistem “pre-order”, di mana pemesanan makanan dilakukan beberapa hari sebelum jadwal pengantaran. Pemesan juga dapat membayar uang muka lebih dulu, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal lebih besar atau menumpuk banyak bahan di rumah.

    2. Jasa Titip

    Sering berpergian? Entah karena hobi atau memang mobilitas yang membuat harus berpergian. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan membuka usaha jasa titip. Apa saja contoh produk yang biasa menjadi sasaran usaha ini? Biasanya, dapat membuka usaha jasa titip panganan khas lokal, souvenir, bahan kerajinan, bahkan tak jarang jasa titip tas atau baju saat berada di daerah yang dikenal sebagai ‘surga belanja’. Selain waktu dan tenaga, kapasitas bagasi dan kemampuan membawa barang barang titipan tersebut harus dipertimbangkan untuk menghitung biaya jasa yang dipatokkan.

    3. Digital Marketing

    Kita telah masuk ke era digital, pemasaran tak hanya dilakukan di dunia nyata, namun juga lewat internet. Namun tak semua pelaku usaha menyadari atau memiliki waktu, juga kemampuan untuk memasarkan usahanya secara digital. Pemasaran digital ini dapat melalui website, instagram-ads, Facebook-ads, media sosial, dan semacamnya. Peluang untuk memasarkan produk sendiri atau usaha milih orang lain ini dapat diambil sebagai usaha sampingan.

    4. Kreator Konten

    Senang mengulas dan berbagi pengalaman? Atau memiliki ide ide segar yang ingin dibagikan lewat dunia maya? Bisa pula menjalani usaha sebagai kreator konten. Saat ini ada banyak sekali kreator konten dengan ciri khasnya masing masing. Namun sebaiknya konten yang dibagikan memiliki nilai edukasi, sebagai bentuk tanggung jawab moral kepada pengikut tayangan seorang konten kreator.

    5. Pulsa atau Layanan Pembayaran

    Menjual pulsa atau layanan pembayaran bisa dilakukan dengan membuka sebuah tempat usaha atau lewat ponsel saja. Waktunya pun relatif fleksibel, selain menjual kebutuhan pulsa ponsel, dapat pula membuka jasa pembelian token listrik, atau pembayaran e-commerce.

    6. Guru Les Privat

    Tidak mahir matematika atau bahasa asing? Tenang, kebutuhan  guru les privat bukan hanya untuk dua mata pelajaran tersebut. Ada pula yang membutuhkan guru les privat untuk belajar musik, melukis, mewarnai, atau bahkan belajar tentang website, blog, maupun SEO.

    7. Penulis Lepas

    Menulis adah sebuah keterampilan yang dapat dipelajari. Ada banyak macam pekerjaan yang dapat dilakukan dengan menulis, seperti penulis lepas untuk sebuah website perusahaan, menulis buku cetak atau pada flatform berbayar, maupun blog.

    8. Desain Grafis

    Punya kemampuan mendesain grafis? Jasa desainer grafis saat ini banyak dibutuhkan. Bukan hanya untuk mendesain suatu produk ataupun flier, bahkan jasa desain grafis ini pun banyak dimanfaatkan untuk membuat media slide seperti power point, juga info grafik.

    9. Menjadi Agen Sumut Link

    Pernah terbayang membuka usaha layanan keuangan? Sekarang kamu bisa mewujudkannya dengan menjadi Agen Sumut Link Bank Sumut. Sumut Link merupakan layanan keuangan tanpa kantor milik Bank Sumut dimana pihak-pihak yang berminat dapat bergabung menjadi agen untuk memanfaatkan Layanan Perbankan PT. Bank Sumut dengan konsep sharing fee. Sebagai Agen Sumut Link Bank Sumut, kamu dapat memberikan layanan seperti membuka rekening untuk nasabah yang mengunjungimu, melakukan transaksi keuangan seperti melihat info saldo, mutasi rekening, setor tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran dan pembelian, pemindahbukuan dan transfer, dll. Dengan menjadi Agen Sumut Link, kamu akan memiliki banyak pelanggan dan memiliki penghasilan tambahan dengan keuntungan yang menarik. Ayo gabung sekarang dengan mengunjungi Bank Sumut terdekat untuk bekerjasama! 

     

    Usaha yang dijalani mungkin saja tidak langsung menghasilkan keuntungan besar, bahkan bisa jadi perlu pengembangan. Namun bila ditekuni, beberapa pilihan usaha di atas dapat menambah penghasilan untuk membantu tercapainya tujuan finansial.