Kevin Kamis, 30 September 2021 | 10

Menjemput Pahala Jariah dengan Wakaf bersama Bank Sumut Syariah

Hai #KawanSUMUT, pernahkah mengalami kegundahan karena bingung ingin menyalurkan kemana sebagian uang kamu pada yang berhak menerimanya? Dan akhirnya kebanyakan mikir, kebanyakan terbawa perasaan, eh malah habis tabungan untuk kebutuhan bulanan. Padahal di tanggal gajian, udah niat mau berbagi karena ditunda-tunda efek galau, tidak jadi berbagi.

Rahasia Menjemput Pahala Jariah

Sebagai seorang muslim kita pasti pernah mendengar sebuah hadist riwayat Muslim yang mengatakan, “Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya”. Intinya, hadist tersebut menjelaskan tentang amal jariah yang di dalam KBBI berarti perbuatan baik untuk kepentingan masyarakat (umum) yang dilakukan tanpa pamrih dan pahalanya terus mengalir. Nah, berbicara mengenai sedekah jariah, kini #KawanSumut bisa bersedekah jariah dengan cara berwakaf.

Wakaf menurut KBBI adalah benda bergerak atau tidak bergerak yang disediakan untuk kepentingan umum sebagai pemberian yang ikhlas. Terdapat sebuah istilah dalam dunia perwakafan, yaitu wakaf tunai (cash waqf). Wakaf ini dilakukan dalam bentuk uang tunai dan terbagi menjadi dua jenis, yaitu wakaf uang dan wakaf melalui uang.

Wakaf Tidak Perlu Tunggu Kaya Raya

Sejatinya, menjadi seorang wakif tidak perlu menunggu kaya raya, siapa saja bisa menjadi wakif melalui Gerakan Nasional Wakaf Uang. Demi mendukung gerakan itu, Bank Sumut Syariah memberikan fasilitas pelayanan penerimaan wakaf uang dari wakif yang selanjutnya akan diterima dan dikelola oleh nazir.

Jenis Wakaf di Bank Sumut Syariah

Terdapat dua jenis wakaf yang ditawarkan oleh Bank Sumut Syariah, di antaranya:

  1. Wakaf Abadi

Wakaf ini bisa dimulai dengan besaran minimal Rp10.000 saja. Jangka waktunya bisa selamanya dan merupakan bentuk investasi produk syariah yang pokok wakafnya tidak dapat ditarik kembali.

  1. Wakaf Berjangka

Jenis wakaf ini bisa dimulai dengan besaran minimal Rp1000.000, memiliki jangka waktu minimal 1 tahun dan kelipatan maksimal 5 tahun. Wakaf ini merupakan investasi produk Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) tempat setor wakaf dan dapat ditarik kembali.

 

Tips Mudah Berwakaf Uang di Bank Sumut Syariah

  1. Calon wakif baik secara individu/badan hukum/kolektif dapat mengunjungi Bank Sumut Syariah terdekat dengan membawa identitas diri (atau melampirkan akta pendirian dan perubahan/siup/tdp/npwp pengurus/dokumen legalitaskhusus untuk badan hukum).
  2. Calon wakif mengisi Akta Ikrar Wakif (AIW) sekaligus menyetorkan uang yang hendak diwakafkan ke rekening nazir yang disediakan oleh Bank Sumut Syariah.
  3. Bank akan memberikan AIW beserta Sertifikat Wakaf Uang untuk diserahkan kepada wakif.

 

Gerakan Wakaf  Uang Sumatra Utara

Dalam waktu dekat, Bank Sumut akan meluncurkan KAWAN SUMUT (Gerakan Wakaf Uang Sumatra Utara). Ini merupakan inovasi terbaru dari Bank Sumut sebagai bentuk dukungan terhadap kesejahteraan masyarakat.  Gerakan ini bertujuan untuk mengajak semua elemen di Sumatra Utara untuk bersama-sama membangun dan menyejahterakan masyarakat terutama di daerah melalui wakaf. Hal ini juga merupakan upaya Bank Sumut sebagai Bank Pembangunan Daerah untuk menjadi motor penggerak wakaf uang di Sumatra Utara.

Lalu, tunggu apalagi? Daftarkan dirimu segera! Mari kita jemput pahala jariah dengan berwakaf bersama Bank Sumut Syariah.