Kevin Jumat, 03 September 2021 | 46

Wakaf Uang: Investasi Abadi

Wakaf uang adalah memisahkan dan menyerahkan sebagian harta dalam bentuk uang tunai atau surat berharga untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu, guna keperluan ibadah dan kesejahteraan umum menurut syariah.

Saat ini, banyak cara untuk bersedekah. Namun tidak semua sedekah disebut jariyah, dikatakan jariyah yaitu apabila sedekah yang diberikan dapat menyalurkan manfaat yang tidak terputus sehingga pahalanya terus mengalir kepada orang yang bersedakah (berwakaf). Dalam Hadist Riwayat Muslim dikatakan “Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendoakannya.” Wakaf uang merupakan bentuk sedekah jariyah sehingga menjadi salah satu sumber pahala yang terus mengalir dan tidak terputus karena selain fungsinya sebagai ibadah, wakaf uang memiliki fungsi dan peran sosial-ekonomi juga terutama dalam membangun kemandirian bangsa dan negara, khususnya umat Islam.

Istilah Wakaf tunai (Cash Waqf) mungkin masih terasa asing bagi beberapa orang. Wakaf Tunai (Cash Waqf) adalah wakaf yang dilakukan dalam bentuk uang tunai dan terbagi menjadi dua yaitu:

  • Wakaf Uang : wakaf dengan objek berupa uang, dimana nilai pokoknya tetap terjaga (tidak berkurang apalagi hilang), dikembangkan secara produktif oleh nazir (pengelola wakaf) sehingga memiliki nilai manfaat, kemudian nilai manfaat tersebut disalurkan/didistribusikan kepada maukuf alaih (pihak yang ditunjuk oleh wakif untuk menerima wakaf), dan
  • Wakaf Melalui Uang : Wakaf dengan objek berupa barang namun wakif memberikannya dalam bentuk uang kepada nazir (uang sebagai alat tukar untuk membeli barang yang menjadi objek wakaf), nilai pokok uang yang diberikan akan digunakan untuk membeli benda wakaf yang dikehendaki oleh wakif, kemudian digunakan untuk keperluan maukuf alaih.

Dalam prosesnya, terdapat pihak – pihak yang terkait dalam wakaf uang yaitu Wakif sebagai pihak yang mewakafkan harta bendanya kepada LKS-PWU atau Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang untuk selanjutnya dikelola oleh Nazhir (pengelola objek wakaf) yang akan memberikan kepada Maukuf Alaih sebagai pihak yang ditunjuk oleh Wakif untuk menerima wakaf.

Untuk menjadi seorang Wakif tidak perlu menunggu kaya raya. Melalui Gerakan Nasional Wakaf Uang, siapa pun dimungkinkan bisa menjadi Wakif atau orang yang mewakafkan harta miliknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, Bank Sumut membantu dengan memberikan fasilitas/layanan untuk menerima wakaf uang. Bank Sumut melalui Unit Usaha Syariah sebagai Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS-PWU) memiliki Layanan Penerimaan Wakaf Uang yang bertujuan untuk memfasilitasi penerimaan wakaf uang dari Wakif yang selanjutnya dana wakaf uang tersebut diterima dan dikelola oleh Nazhir (pihak pengelola wakaf) yang telah bekerjasama dengan Bank Sumut.

Terdapat dua jenis wakaf uang yang ditawarkan oleh Bank Sumut Syariah yaitu wakaf abadi dengan minimal wakaf Rp. 10.000 dan wakaf berjangka yang dapat ditarik kembali pokok wakafnya pada waktu tertentu.

Berwakaf uang di Bank Sumut sangatlah mudah. Calon Wakif (perorangan/badan hukum/kolektif) dapat mengunjungi Bank Sumut Syariah terdekat dengan membawa identitas diri (atau melampirkan akta pendirian & perubahan/siup/tdp/npwp pengurus/dokumen legalitas khusus untuk badan hukum) dan mengisi Akta Ikrar Wakaf (AIW) sekaligus meyetorkan uang yang hendak diwakafkan ke rekening Nazir yang disediakan oleh Bank Sumut Syariah. Kemudian, bank akan memberikan Akta Ikrar Wakaf beserta Sertifikat Wakaf Uang ( jika nilai minimal wakaf ≥ Rp.1.000.000) untuk diserahkan kepada Wakif.

Bank Sumut sangat mendukung kesejahteraan masyarakat dan dalam waktu dekat akan melakukan peluncuran KAWAN SUMUT (Gerakan Wakaf Uang Sumatera Utara), yang bertujuan untuk mengajak semua pihak di SUMUT untuk bersama membangun dan mensejahterakan masyarakat dan daerah melalui wakaf, ini juga merupakan upaya Bank Sumut sebagai Bank Pembangunan Daerah untuk menjadi motor penggerak wakaf uang di Sumatera Utara.

Ayo daftarkan dirimu dan jadilah bagian dari kesuksesan KAWAN SUMUT, ada pahala yang menunggu untuk dijemput!