Kevin Rabu, 26 Februari 2020 | 772

Bank Sumut Gelontorkan Dana CSR Rp 141,1 Miliar

Jakarta, TopBusiness – Selama tujuh tahun terakhir atau sejak 2013-2019, Bank Sumut telah menggelontorkan dana untuk program tanggung jawab sosial perusahaan alias CSR sebesar Rp 141,1 miliar.

Dana tersebut dialokasikan untuk tiga bidang yang menjadi pilar kegiatan CSR perusahaan yakni ekonomi sebesar Rp 94,79 miliar, pendidikan dan kewirausahaan sebesar Rp 33,07 miliar, serta lingkungan sebsar Rp 13,23 miliar.

Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo menilai, sebagai bank pembangunan daerah (BPD), besarnya alokasi dana CSR tersebut sudah cukup signifikan dibandingkan perusahaan-perusahaan daerah lainnya.

“Dana CSR kami ini hanya untuk di Sumut. Ini yang membuat beda dengan perusahaan-perusahaan besar yang skup nasional. Sebagai perusahaan daerah, CSR Bank Sumut ini angkanya termasuk cukup signifikan,” kata Budi Utomo dalam sesi Presentasi dan Wawancara Penjurian TOP CSR Awards 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Menurut Budi, besaran dana CSR setiap tahun diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perusahaan. Berdasarkan ketentuan, dana CSR yang dialokasikan Bank Sumut setiap tahun rata-rata sekitar 4 persen dari laba perusahaan. “Alhamdulillah tahun 2019 lalu laba kami  mencapai Rp 564 miliar, naik 12,23 persen dari laba tahun sebelumnya,” kata Budi.

Dia menjelaskan, pelaksanaan CSR Bank Sumut dilakukan dengan tiga pilar (3E), yakni Economic, Environment dan Education & Entreprneurship (3E). Sedangkan pola pelaksanaannya dilakukan melalui dua pola. Pola pertama adalah CSR dikelola pemerintah daerah (provinsi dan 33 kota /kabupaten) selaku pemegang saham Bank Sumut. Pola kedua adalah CSR dikelola langsung oleh Bank Sumut.

“Untuk dana CSR yang dikelola oleh pemerintah daerah, besarannya tergantung saham yang dimiliki pemda di Bank Sumut,” kata Budi.

Beberapa kegiatan CSR Bank Sumut antara lain bantuan sarana truk sampah dan tong sampah untuk Ponpes Mushtafawiyah Purbabaru, pembangunan Tugu Simpang Durian Mulo Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat, Bantuan Program ACT #Bantumerekabernapas. Pemberian donasi kepada rumah baca di Desa Percut Sei Tuan, Kab Deli Serdang, penanaman mangrove, pembangunan rumah ibadah, bea siswa untuk anak kurang mampu, dan lainnya.

“Keberadaan Bank Sumut ini harus memberi awareneres di dua sisi, tidak hanya bisnis tapi juga bagaimana local area di  mana kami beroperasi juga ikut berkembang,” ujar Budi.

Penulis : Nurdian akhmad

Fotografer: Rendy MR/TopBusiness