Kevin Kamis, 11 Agustus 2022 | 148

RANGKUL PARA PEREMPUAN PEJUANG UMKM, BANK SUMUT DORONG PEMANFAATAN KUR DAN QRIS

 

PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) menggelar sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Setidaknya terdapat 51 UMKM binaan Dinas Perdagangan Pemko Medan yang hadir pada acara tersebut. Kegiatan berlangsung di Kota Medan, Sumut, Rabu (10/8/2022).

Menariknya, mayoritas peserta sosialisasi merupakan kaum perempuan yang selama ini berkecimpung dalam berbagai sektor usaha berskala mikro. Mulai dari kuliner, handicraft hingga fashion.

Bank Sumut mendorong para garda wanita pejuang ekonomi keluarga ini agar memanfaatkan pembiayaan KUR serta sistem pembayaran QRIS dalam menjalankan usahanya.

“Harapannya, sosialisasi ini menghasilkan peningkatan pembiayaan terhadap sebagian pelaku UMKM di bawah Dinas Perdagangan Pemko Medan,” ujar Pemimpin Divisi Ritel Bank Sumut Syafrizalsyah.

Pada kesempatan ini, Bank Sumut juga menawarkan para pelaku UMKM untuk menjadi agen layanan Sumut Link.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Pemko Medan Dammikrot berharap sinergitas dan kolaborasi dengan Bank Sumut dapat terus dijalin. Dia juga ingin agar sosialisasi seperti ini digelar secara rutin untuk para UMKM binaan Dinas Perdagangan Pemko Medan.

“Sehingga literasi keuangan, khususnya tentang pembiayaan KUR dan transaksi non-tunai melalui sistem QRIS, bisa meningkat,” kata Dammikrot.